BIOGRAFI SINGKAT ULAMA’ HADITS,
BEBERAPA
KITAB DAN SANADNYA
1. IMAM MALIK
Imam Malik bin Anas.Pendiri
madzhab Maliki.adalah Imam mujtahid (ahli ijtihad)besar dalam islam yang ahli
dibidang fikih dan hadits.
Nama
lengkapnya ialah Abu Abdullah Malik Bin Anas Bin Malik Bin Abi Amir Bin Harits
Bin Ghaiman Bin Kutail Bin Amr Bin Haris Al-Asbahi.Lahir di Madinah pada tahun
93H(713 M).Dia bukan asaja ahli hadits tetapi juga seorang ahli hukum yang
pengajaran dibidang hukum yang bernama madzhab imam malik.ia memberikan
pengajaran dibidang hukum dan agama dimasjid Rasulullah saw.Dari berbagai
penjuru dunia islam orang-orang datang untuk belajar kepadanya.Ia sendiri tidak
pernah meninggalkan Madinah,dan menghabiskan sisa hidupnya disana untuk
mengembangkan ilmu pengetahuan islam.Ia belajar hadits dari Abdurrahman Bin
Hurmuz.Nafi’ Bin Zakwan Dan Yahya Bin Sayyid.ia mempelajari ilmu fikih dibawah
bimbingan ahli-ahli hukum ternama dari Madinah,termasuk Rabi’ah Bin Farukh yang
dikenal sebagai Rabia’h Ar-Ra’y karena peranannya dalam mengembangkan konsep Ra’y
di Madinah.
Imam
malik meriwayatkan banyak hadits dari Al-Zuhri,Nafi’,Sahaya Ibnu Umar yang
dibebaskan .Abu Al-Zinad,Hasyi Bin Urwah,Yahya Munqadir,dan lain-lain.al-Suyuthi
telah memberikan daftar 95 guru tempat imam malik belajar hadits dan fikih.ia
sendiri pernah berkata ,”Aku tidak akan
memberikan pengajaran hadits dan fikih sebelum dinyatakan memenuhi syarat oleh
70 guru hadits dan fikih”.
Imam
alik mencurahkan hidupnya dimasjid Rasulullah saw.,tempat para sarjana dan ahli
hadits berkumpul disekelilingnya mempelajari fikih dan hadits,dan mencari
pemecahan-pemcahan hukum berbagai persoalan syariah.Ia selalu menekankan
penting nya keputusan bersama dan setiap kali merasa ragu atas kebenaran keputusannya,ia
berkata ,”aku tiak tahu”.
Imam
malik merupakan orang shaleh dengan sifat-sifatnya yang mandiri.ia mengeluarkan
fatwa yang tidak memihak dan tida pernah tunduk kepada penguasa politik.ia
mendukung Muhammad Zakiyah ’Alawiy dengan mengluarkan fatwa mela -wan khalifah
al-Mansur,dan membuatnya dihukum cambuk 70 kali oleh Ja’far,saudara al-Manshur
.ketika al-Manshur mendengar hal ini,ia meminta Imam Malik berkunjung ke Irak
dan mohon maaf atas apa yang telah terjadi.ketika al-Manshur pergi melaksana kan
ibadah hajji,ia mengunjungi imam malik dan memperlakukannya dengan penuh
hormat.
Karya
beliau adalah kitab al-Muwathta’,walau termasuk kumpulan hadits tidak begitu
banyak dan memusatkan diri pada kasus masyarakat Madinah namun dari buku itulah
selama tiga tahun imam as-Syafi’i dapat menghafalnya dan banyak mengambil
pelajaran.
Imam Malik menghabiskan
50 tahun hidupnya mempelajari fikih dan hadits dan wafat pada tahun 798 M.dalam
usia 86 dan ada yang berpendapat 95tahun,beliau dimakamkan di Jannat al-Baqi’
para murid dan pengkutnya kemudian menyebarkan ajaran madzhabnya.namun demikian,madzhab maliki tersebar luas dan
dianut dibanyak bagian seluruh penjuru dunia.
Dan sanad kitab tersebut kami dapat ijazah dari Syeikh Raghib Mabrur dan
Asy-Syeik Al-’Alim Allamah KH.R. Maimun Zubair Sarang Rembang Jawa Tengah :
tahun 2001 dan 2002 tepat ikut hattaman kitab bulan Ramadhan :
2. IMAM HAMBALI
Imam Ahmad bin
Hanbal adalah Abu Abdilah Ahmad Bin Mhammad Bin Hanbal Bin Hilal Al-Syaibani.beliau
dilahirkan di Baghdad pada bulan Rabi’l awal tahun(164 – 241) dan bulan
November tahun 780 – 855 M). Ahmad bin Hanbal dibesarkan dalam keadaan yatim
oleh ibunya.karena ayahnya meninggal ketika beliau masih bayi.sejak kecil
beliau telah menunjukkan sifat pribadi yang mulia,sehingga menarik simpati
banyak orang.Dan sejak kecil itu pula beliau telah menunjukkan minat yang besar
kepada ilmu pengetauan.kebetulan pasa saat
itu Baghdad merupakan kota pusat ilmu pengetahuan.Beliau memulai dengan belajar
mengahafal al-Qur’an .Keumuduan belajar bahasa Arab,Hadits .Sejarah Nabi Saw dan
sejarah sahabat serta para tabi’in.Madzhabnya bernama Hanbali.Beliau terkenal ahli hadits,fikih dan teologi,dia balajar
kepada banyak guru dan melakuakan perjalanan secara ekstensif untuk mempelajari
hadis dan fikih.diusia mudanya ia belajar fikih pada Imam Abu Yusuf,dan mempelajari
hadits dibawah bimbingan Hisyam,Sufyan Bin Aynah,dan tokoh-tokoh lainnya.unuk
mempelajari hadits lebih jauh ia pergi ke Mekkah,yaman,dan kota-kota
lainnya,sekembali dari berbagai
perjalanan ia belajar kepada Imam As-Syafi’i.dilahirkan di bagdad.Waktu
As-Syafi’i meninggalkan Bagdad,dia berkata : Saya tidak meninggalkan di bagdad orang yang lebih uutama,alim dan
lebih cerdas selain dari ahmad bin hanbal”.Pertama kali beliau belajar pada
imam As-Syafi’i,dan setelah cukup ilmu dan peralatnnya lalu berijtihat,merintis
suatu madzhab tersendiri.
Pemahaman
agamanya bersifat tradisiaonal namun dibawah kekuasaan khalifah
Makmun,al-Mu,tasim dan al-Wasit,ia ditekan untuk mengikuti doktrin Mu’tazilah.yaitu
dalam hal perbedaan pendapat tentang Qadim atau barunya al-Qur’an.Menurut al-Makmun,sebagiamana
pendapat Mu’tazilah yang menjadi madzhab kerajaan waktu itu.Bahwa al-Qur’an itu
makhluq ,sebab itu ia adalah baharu(huduts).pendapat mana dipaksakan oleh
al-Makmun,tetapi Imam Ahmad secara tegas dan konsekwen menolakya.ia menolak doktrin
itu.akbatnya,bersama beberapa teolog lainnya ia menjadi sasaran penyiksaan.Pada
saat sedang menjalani hukuman di Tarsus,datang kabar bahwa khalifah telah
meningal.Namun dibawah khalifah penganti ia tetap menjalani hukuman penjara.
Kemudian
khalifah al-Mutawakkil kembali kapada keyakinan ortodoks,dan Imam Ibnu Hanbal
dikeluarkan dari penjara.ia diundang ke istana dan dana pensiun diberikan
kapada keluarganya tanpa sepengetahuanya.kemasyhurannya mengajar, kesalehan dan
keadilannya menyebabkan ia punya banyak murid.Sebenarnya ia lebih terkemuka
sebagai ahli hadits dari pada hukum islam.
Madzhab hanbali lebih
tegas melarang bid’ah dari pada madzhab lainnya.Di Syiriya ,Taqiy al-din Ibnu Taimiyah
(1263 – 1328 M)membela ajaran imam hanbali yang secara total melarang ziarah
kemakam dan ”orang-orang suci”.dia menentang praktek bid’ah yang telah
membelenggu umat untuk jangka waktu yang lama.karena tindakannya ini
menyinggung elit penguasa.ia disiksa.
Pada abad ke -18
M,Madzhab hanbali muncul kembali dalam bentuk yang lebih dinamis ditangan
gerakan pembaharu Muhammad bin Abdul Wahhab di Saudi Arabia,yang mencerminkan
hasil kerja Ibnu Taimiyah,setelah berkuasa,keluarga saud dari Najad,pengikut
madzhab imam hanbali.menjadikan madzhab ini sebagai resmi negara Saudi Arabia.Imam
Hanbali adalah seorang ahli hadits besar.menurt banyak Teolog dan ahli hadits
lain,tidak bayak ahli yang dapat menandingi reputasinya.dia mencurahakan
hidupnya mempelajari ilmu hukum dan agama dan melakukan perjalanan untuk
mempelajari hadits dan fkih.ia cendrung menggunakan hadits sebagai sumber hukum
dari pada Ra’y(qiyas),sumber hukum yang banyak mengandung kelemahan.ia adalah
seorang pencinta hadits.qiyas hanya digunakannya untuk sesekali untuk keperluan-keperluan
ringan.imam ibnu hanbal adalah imam terakhir madzhab ini.
Imam ahmad banyak
menulis buku yang berharga. nampaknya diantara sekian banyak ilmu
pengetahuannya,beliau lebih terkemuka sebagai spesialis dalam hadits.beliau telah
menyusun sebuah musnad,yang dikenal dengan nama Musnad Ahmad dan didalamnya
terkumpul hadits-haits yang tidak dikemukakan oleh ulama lainya. buku tersebut
berisi 40.000 buah hadits.Para pengikut imam ahmad pada umumnya terdapat di
Saudi Arabia,Libanon dan Syiria.
Imam Ahmad Ibnu Hanbal
meninggal dibaghdad pada 13 juli 855 H.konon delapan ratus ribu laki-laki dan
enam puluh ribu perempuan menghadiri upacara pemakamannya.ia dimakamkan di
Harbiyah,dekat baghdad.
3. IMAM
BUKHORI
Ia adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin
Ibrahim bin Mughirah bin Bardizad al-Ju’fi tempat kelahiran di al-Bukhari.lahir
pada hari jum’at 13 Syawal 194 H.disebuah Desa di Bukhara(Tasykit)Asia Tengah,wafat
pada malam selasa tahun 256 H.
Beliau seorang ahli hadits yang menghabiskan
umurnya khusus untuk mengumpulkan hadits-hadits Nabi yang ketika itu masih
bercerai berai terletak didalam dada para ulama’ pemangku hadits.Beliau
mendatangi kekota –kota desa-desa dan daerah islam ketika itu .ditanya,diambil,dikumpulkan
hadits –hadits Nabi,diteliti matanya (lafadznya).Kemudian dituliskan kedalam
kitabnya yang bernama ”Kitab Shahih Bukhari”.Selain dalam kitab tersebut terdapat
pula dalam kitab ”Adabul Mufrad”
kitab Tarikh Al-Kabir,dan lain-lain.
Beliau telah mengumpulkan sebanyak 600.000
hadits,kemudian disaring dari pelbagai segi,maka yang dituliskan dalam kitab ”Shahih Bukhori : sebanyak 7275 dan sudah
dikurangi yang berulang-ulang,adalah sebanyak 2513 hadits.Sepanjang
riwayat,Bukhari pada setiap saat akan menulis hadits dalam kitab Shahih Bukhari,beliau
berwudlu’ dulu dengan air zam-zam dan sembahyang sunnat dua rakaat dimakam Ibrahim
as.sekaligus ditulis d Mekkah dekat
Ka’bah al-Musyarafah.beliau tidak hanya menulisnya saja tetapi dibacakan
langsung kepada murid-muridnya yang banyak sekali.
Sepanjang riwayat sampai 90.000 orang banyaknya yang mendengar dari mulut beliau.Selain
beliau ahli hadits nomer satu ,namun dalam furu’ syariah beliau mengikuti madzhab Syafi’i.Rhl.
4. IMAM MUSLIM
Nisabur,Iran 202 H/817 M.Nisabur Iran 261 H/875
M).ia seorang ahli dan pengumpul hadits terkenal dari Naisabur,Iran .nama lengkapnya
ialah Abu Al-Husain Muslim Bin Al-Hajjajal-Qusyairi An-Naisaburi.
Sejak umur 15 tahun beliau sudah lazim mempelajari
hadits yang berkembang dinegaranya pada waktu itu.Pengembaraannya mencari
hadits merupakan unsur yang sangat dipentingkan ,hampir seluruh pusat pengajaran
hadits ia kunjungi.pertama –tama di Negerinya sendiri lalu pergi memperdalam
menambah wawasan tentang hadits di Khurasan,disana ia belajar hadits dari
beberapa ahli hadits seperti : Yahya Bin Yahya Al-Andalusi (W.234 H/ 849 M) dan
Ishaq Bin Rahawaih (w.161 H – 238 H) lalu kekota Rayy (teheran sekerang)
berguru pada Muhammad Bin Mahram,Abu Hasan,serta ahli hadits lainya,ia juga
belajar hadits dari Imam Ahmad Bin Hanbal,Abdulah Bin Maslahah,dan
lain-lain.ketika mengunjungi Irak :dihijaz atau Hidjaz berguru pada Sa’ad Bin
Mansur,Abu Mas’ad dan di Mesir belajar hadits dari Amir Bin Sawad,Harmalah Bin
Yahya Abdullah At-Tujaibi dan lain-lain.dan belajar kepada Imam Bukhori ,ketika
ia berkunjung ke Naisabur.
Kesunggunghannya dalam menuntut ilmu hadits
keberbagai daerah dan dari beberapa guru hadits,Imam Muslim membuat beliau
tekenal sebaga ulama’ yang dalam ilmu pengetahuannya dibidang hadis.ia menjadi
guru besar dibidang hadits pada masanya dan ratusan murid belajar hadits darinya.tercatat diantara
muridnya adalah Imam At-Tirmidzi,Abdurrahman Bin Abi Hatim Ar-Razi (240 H/ 854
M – 326 H/938 H),dan Ibnu Huzaimah (w.311 H/924 H).dengan kedalamam
ilmunya itu ia mendapat pujian tidak
hanya dari ulama’-ulama’ semasanya tetapi juga dari ulama’ yang hidup
sesudahnya.
Imam muslim juga dikenal sebagai seorang yang
warak, zuhud,tawadlu’ dan ikhlas,tekun belajar dan jenius,semuanya ini membuat
dia menjadi pakar hadits peringkat kedua setelah imam Bukhori.ia mampu
menghafal ribuan hadits dan mewariskannya kepada generasi sesudahnya melalui
karya-karyanya dibidang hadits.karya yang menumental adalah kitab Hadits Shahih
Muslim.kitab ini disusunya setelah mempelajari kitab sahih bukhori.
Menurut Muhammad Ajjaj Al-Khatib,guru besar hadits
Universitas Damascus ,hadits yang tercantum dalam kitab shahih muslim sebanyak 3.030
hadits tanpa pengulangan. menurut Amin Al-Khalali ,seorang ulama’ hadits dari Mesir
,hadits yang terdapat dalam kitab tersebut sebanyak 4.000 hadits tanpa pengulangan.sedang
dengan pengulangan berjumlah 7.275 hadits
Imam muslim menghasilkan beberapa karya lain
disamping kitab sohih muslim,yaitu sebanyak 15 kitab yang sudah diterbitkan
atau belum yang masih berbentuk manuskrip adalah :Al-Asma’ Wa Al-Luma’,Irfad Asy-Syamiyyah,Al-Arqan,Al-Intifa’ Bi Julud
As-Saba’,Aulad As-Saba’,Auham Al-Mauhaddisun
At-Tarikh,At-Tamyiz,Al-Jami’,Hadits Amr Bin Synib,Rijal
Al-Urwah,Tabaqot,Al-’Izal,Al-Musnad Al-Kabir,Masyayikh As-Suri,Masyayikh
Malik,Al-Wihdan,Shahih Almusnad.
Dan sanad kitab tersebut penulis mendapat ijazahan atau mendapat sanad dari Syeikh
Raghib Mabrur Sarang Rembang Jawa Tengah : tahun 2001 tepat ikut hattaman bulan
Ramadhan :
5. IMAM ABU
DAWUD
Ia lahir tahun 202 Hijriyah atau 817 Miladiyah,
wafat di Bashrah bulan Syawal tahun 275 atau 889 M.Nama lengkap beliau ialah Abu
Dawud Sulaiman Bin Al-Asy’ats
Bin Ishaq Bin Basyir Bin Syaddad Bin Amr Bin Imran Al-Azdi As-Sijistani.lahir
dikota Azd daerah Sijistan.
Beliau adalah seorang imam yang warok(tidak mementingkan
kesenangan duniawi) ,zahid (meninggalkan keduniaan untuk kepentingan beribadah
kepada allah),seorang yang banyak bakti,jasa dan pengabdiannya kepada
masyarakatnya,dan hafidz(hafal seluruh al-Qur’an) dan ribuan hadits Nabi saw.Terkemuka
diantara banyak-banyak ahli hadits dan para imam yang cekatan dan berpengalaman
luas dalam menentukan hadits yang shahih dan menetapkan yang palsu.
Imam Abu Dawud selalu berkeliling banyak Negeri,menghimpun,menyusun
dan mendengarkan hadits –hadits di Khurasan,irak,al-jazirah(barat laut
mesopotamia) ke Syam(Palestina),Hijaz(Arabia)dan Mesir.ia tekun belajar hampir
kepada semua ahli hadits,para hafidz hampir semua negara islam yang terkenal
disaat itu,tidak kurang dari 49 Guru.
Beliau tekun mengajarkan pada murid-muridnya,sehingga
mereka semua menjadi ahli hadits dan fuqaha’,diantaranya Imam Ahmad Bin Hanbali
asy-Sya’ani,Muhammad Bin Isa Bin Sarah Bin Musa Bin Dhahak As-Salami
At-Tirmidziy,yaitu meyusun Sunan Tirmidzi yang meninggal tahun 279 H.
Dan dari pada sanad kitab Sunan Abu Dawud yang
kami peroleh atau terima dari guru kami yaitu ”Syeikh Murobbi Ruhina Muhammad
Najih Maimun Bin Maimun Zubair bin Dahlan ,Sarang Rembang Jawa Tengah :
6. IMAM AN-NASA’IY
(Nasa’iy,Khurasan,Iran,215 H/830 H.Damascus,Suriah,303
H/915),seorang ahli hadits dan ahli fikih madzhab Syafi’i penyusun kitab
kumpulan hadits Sunan An-Nasa’i(As-Sunan
Sughra yang disebut juga Al-Mujtaba’)salah
satu dari kitab enam kitab kumpulan hadits,Al-Kutub
As-Sittah).
Nama lengkapnya Ahmad Bin Syaib Bin Ali Bin Bahr
Bin Sinan,nama panggilan nya adalah Abu Abdurrahman An-Nasa’i. An-Nasa’i adalah
nama populernya yang dikaitkan dengan tempat kelahirannya.menurut imam adz-Zahabi
(673 H/ 1274 M – 784 H/1349 M),seorang ahli hadits dan ahli sejarah,an-Nasa’iy meninggal di
Ramalah,wilayah Palestina.
Imam an-Nasa’i memulai pengembaraannya untuk
mempelajari hadits ketika ia berusia 15 tahun,ia belajar hadits antra lain : Khurasan,Irak,Arab
Saudi,Syuriah,Mesir Al-Jazair,dalam hal
pengetahuan hadits banyak ulama’(setelah periode imam an-Nasa’i )menilainya
lebih tinggi dari pada mam Muslim.Imam An-Nasa’i sangat selektif dalam
menyaring hadits dan tidak mengambil hadits pada isnadnya(jalur periwayatannya
terdapat Ibnu Lahai’ah (96- 174 H)seorang perawi yang menurut penilaiannya lemah
karena bergantung pada salinan orang lain dalam meriwayatkan hadits.
Imam an-Nassa’i sangat akurat dalam pembukuan
hadits.salah seorang diantara gurunya : Al-Harits Bin Miskin(154-250 H).Imam an-Nasa’i
sering berpartisipasi dalam menghadiri kelompok studi(Halaqoh) hadits yang digelar al-Harits.disini ia dapat belajar
tanpa mengalami perselisihan faham.ketika membukukan hadits –hadits yang
diriwayatkan dari al-Harits ,Imam an-Nasa’i terbiasa menuliskan:”saya mendengar
hadits ini pada saat dibaca oleh al-Harits bin Miskin:.
Imam an-Nas’i mencoba membukukan isnad-isnad yang
berbeda-beda,kemudian menyusun isnad-isnad tersebut yang masih memiliki kesalahan
perawi,lalu menerangkan isnad yang benar.dan dalam hal ini ia juga meriwayatkan
hadits-hadits dloif.walaupn demkian,ia tetap memgemukakan cacat,yang ada pada
isnad tersebut.
Sunan an-nas’i pada mulanya tidak begitu menarik
perhatian ulama’.namun kemudian iamam as-Suyuthi ulama fikih madzhab Syafi’i,menulis
sebuah komentar pendek tentang kitab tersebut denan judul Zahar Ar-Ruba’ ’Ala Al-Mujtaba’ sebagai seorang ilmuan ,Imam an-Nas;i
menulis banyak karya : Ad-Duafa Wa Al-
Matrukin,Al-Iqrab,Al-Jarh Wa At-Ta’dil ,Al-Kna,Ar-Ruba’iyyat Min Kutub As-Sunan Al-Ma’surah,Sunan
Al-Kubra,As-Sunan As-Sughra,At-Tamyiz,At-Tabaqat,Hadits Qutaibah Bin Said An
Abi Iwanah, Amlatuh Al-Hadisiyyah,Juz Min Hadits An Nabi Saw,Khasha’is Ali,Man
Haddasa Anhu ibnu Abi Urwiyah Wa Lam Yasma’ ’Anhu,Manasik haji,Ma’rifah
Al-Khwah Wa Al-Akhwat Min Ulama’ Wa Ar-Ruwah,Musnad ’Ali Ibnu Abi Thalib,Usnad
Mansur Bin Zazan Al-Wasiti.Musnad Hadits Al-Fadil Bin Iyad Wa Dawud At-Ta’iwa
Mfaddal Bin Muhalhal Ad-Daby,Musannad Hadits Sufyan As-Tsauri,Musnad Hadits
Syu’bah Bin Hajjaj,Musnad Hadits Yahya Bin Said Alqattan.
7. IMAM ABU HANIFAH
Beliau
adalah Abu Hanifah Nu’man Ibnu Tsabit Bin Zufi At-Tamimi,lahir (80-150 H. = 699-767
H.)dan mukimnya dikufah.Hanya selang 70 tahun setelah wafatnya Nabi saw .Dengan
demkian langsung atau tidak ia pernah berkumpul dengan para sahabat atau Tabi’un.selama
lebih kurang seratus tahun kekuatan para sahabat dan tabiun ini telah
memperkuat ikatan umat islam.beliau masih mempuyai pertalian hubungan
kekeluargaan dengan Imam Ali Bin Abi Thalib ra.Dalam zamannya,beliau terkenal
sebagai seora ng sarjana dan mahaguru yang luas ilmu pengetahuannya terutama
dibidang hukum. Beliau adalah orang yang paling cemerlang dan terpelajar.Dia
cendrung menggunakan pendekatan rasional dalam memecahkan persoalan-persoalan
syari’ah.ia adalah peretas jalan qiyas sebagai salah satu elemen penting
pembentukan hukum islam,dan ijma’ umat sebagai sumber hukum islam.
Ketika ia bersih kukuh
menegakkan qiyas beberapa kekuatan fundametalis men-
entangnya habis-habisan.Namun kelompok pemikir rasional” akhirnya
dinyatakan pelo
por syari’ah.kaum muslim diseluruh dunia
merujuknya sebagai salah satu madzhab hukum islam.
Murid-muridnya cukup
banyak diantaranya ialah Abdullah Bin Mubarok ,Waki’ Bin Jarah Ibnu Hasan Al- Syaibani,dan
tiga muridnya yang menonjol yaitu Muhammad,Abu Yusuf,Dan Ja’far,bersama 37
orang cendekiawan terkemuka lainnya membentuk komite ahli hukum yag dipercaya
menyusun ensiklopedia hukum islam yang sekarang telah musnah,kemungkinan besar
dibakar para pengikut Hulugu Khan dari Mongolia,sewaktu menghancurkan baghdad ditahun
1258 M.Danseorang sejarahwan Eropa menulis tentang bencana dahsyat ini.
Baghdad berturut
dirampok,dihancurkan dan dibakar.delapan ratus ribu muslim dibantai.khalifah Mu’tashim
billah di injak-injak kuda mereka hingga tewas. Selama 500 tahun baghdad telah
menjadi kota istana,masjid-masjid,perpustakaan,dan perguruan tinggi.Universitas
dan rumah sakit paling modern diseluruh dunia dibang un.tak ada yang tersisa
sekarang kecuali reruntuhan dan bau busuk daging manu sia.”(Sir John Bagot Glubb).
Beliau hidup dalam dua Dinasti,Bani Umayyah dan
Bani Abbasiyah.Tapi sama sekali tidak turut aktif dalam gerakan
politik.Gubernur irak,Yazid binu Hubairah, zaman khalifah Marwan Ibnu Muhammad dari
Dinasti Umayyah,akan mengangkat Abu Hani fah menjadi hakim,tetapi beliau tolak
dengan tegas,sebab itu beliau disiksa .kemudian Imam Abu Hanifah meyaksikan
periode runtuhnya Dinasti Umayyah dan pembunuhan terhadap khalifah kedua Abbasiyah,Abu
Ja’far Al-Mansur.Hal yang sama pula ketika kerajaaan Abbasiyah telah
berdiri,khalifah al-mansur memanggil beliau ke baghdad dan kemudian akan
mengangkat menjadi hakim kerajaan,beliau pun monolak .karena itu pula beliau
dihukum dan disiksa.dan ditangannyalah Imam Abu Hanifah dibunuh dengan kejam dan
mengenaskan.
Abu Hanifah telah
mengabdikan hidupnya dalam studi hukum islam dan mem -
berikan kuliah-kuliah kepada para mahasiswanya.Beliau meninggalkan sebuah
buku yang dinamai fiqih al-akbar.Karya beliau dapat dihargai dengan
sesungguhnya karena beliaulah orang pertama yang mencoba mengkodifisir hukum
islam dengan memakai qiyas sebagai dasarnya.Dalam menetapkan hukum-hukum,Abu
Hanifah menggunakan dasar-dasar : al-qur’an,sunah,pendapat-pendapat para
sahabat,qiyas,istihsan dan tradisi masyarakat.
Imam Abu Hanifah konon
telah menulis ratusan buku dan risalah tentang berba
gai tema pemikiran islam.sebagian diantaranya masih tersedia dibeberapa
perpustakaan didunia muslim.dan bayak ulama yang telah meneliti kitabnya
ternyata sangat banyak diantaranya : Kitab
Ash-Shalah,Al-Manasik,Al-Rahan,Al-Syurut,Al-Fara’id,Al-’Alim Wal
Muta’allim,Al-Asrar,Al-Risalah, Al-Irja’,Al-Wasiyah,Al-Rad ’Alal Awzah, Al-Ra’y,Ikhtilaf
Al-Sahabh,Ikhtilaf Ab Hanifah Wa Abu Laila,Al-Jami’,Al-Siyar,Al-Ausat,Fiqih
Al-Akbar,Fiqih Al-Absat,Al-Rad ’Alal-Qadiriyah,Risalah untuk utsman
al-batti dan ratusan surat.
Imam Abu Hanfah wafat pada
tahun 150 H / 767 M.pada usia 70 tahun.beliau dimakamkan dipekuburan Khizra.pada
tahun 450 H/1066 M,didirikanlah sebuah sekolah yang diberi nama Jami’ Abu
Hanifah.
Beliau telah dianggap
sebagai pembangun suatu madzhab dimana mempunyai pengikut-pengikut yang
terbesar didunia,utamanya :di Turki,Pakistan,Afganistan, Transyordania,Indo
Cina ,Cina Dan Soviet Rusia.
8. IMAM SYAFI’I
Baliau nama lengkapnya ,Muhammad
Ibnu Idris As-Syafi’i.Dilahirkan (150-204 H,= 757-820 M.)di Gaza (palestina).dia
termasuk suku Quraisy.Ibunya bernama Ummul-Hasan Binti Hazmah Bin Qasm Bin
Yazid Bin Imam Hasan.Ayahnya mening- gal ketika umurnya baru dua tahun.dan
kelahirannya ketepatan dengan wafatnya Imam Abu Hanifah. meninggal di Kairo
Kuno.Dan beliau masih punya hubungan silslah kefamilian deng an Nabi saw,dari keturunan Muttalib ibnu Abdil
Manaf,dilahirkan sebagai seorang yatim.Sejak kecil beliau tumbuh dan menuntut
ilmu di Mekkah ,bersama dengan ibunya dia hidup dalam keluarga yang miskin.sejak
usia yang masih sangat muda,dia telah menghafal al-qur’an lengkap 30
juz,terkenal sebagai seorang yang jenius ,memiliki kecerdasan yang luar
biasa.Pernah pula beliau belajar tentang hadits pada imam malik di madinah dan
dalam waktu yang singkat kitab Imam Malik yang bernama Al-Muw- aththa’ itu
terhafal semua.dan banyak belajar hadits ari ulama’ hadits yang banyak terda pat
di Makkah.
Terhadap semua pengetahuan yang berhubungan dengan
al-Qur’an ,sunnah,ucapan-ucapan para sahabat,sejarah serta pendapat-pendapat
yang berlawanan dari pada para an ahli sebagainya,diaduknya dengan sempurna
dengan pengetahuannya yang mendalam tentang bahasa arab yang dari gurun pasir
itu,baik dalam ilmu bahasanya, Nahwunya,sarrafnya,dan syairnya.Imam Ahmad Ibnu
Hambal,dengan segenap kejujuran berkata
: As-Syafi’i bagi umat ini,ibarat
matahari bagi bumi dan laksana kesehatan bagi tubuh ;siapa yang akan mendapat
menggantikannya ?’forum-forum diskusi,beliau termasuk seorang yang ulet
dengan argumentasi-argumentasi yang sukar dipatahkan.
As-syafi’i termasuk orang yang jujur hidupnya
dalam bidang ilmiah.beliau muncul setelah tersusunnya kodifikasi syari’ah
menurut sistem-sistem yang teratur dalam bentuk yang rapi.Dengan demkian beliau
mudah mempelajari buah-buah fikiran dari orang-orang yang terdahulu dan belajar
langsung dari mahaguru-mahaguru terke muka.Sebab itu beliau akhirnya dapat
mencapai suatu prestasi yang tinggi dalam bidang ilmiah,beliau telah mampu
merumuskan suatu metode yang mempersatukan al-Qur’an,sunnah,ijma’ dan qiyas.berbeda
dengan Abu Hanifah sebagai seorang ahli metode berfikiran lebih menyetujui hal
itu.Namun demikian beliau seorang yang luas pandangan,ilmu dan pengalaman.Beliau
juga menguasai fiqhi sarjana-sarjana dan ulama-ulama’ Hijaz dan fiqhi sarjana
–sarjan Irak.Sebab itu ketika as-Syafi’i muncul di Baghdad,maka ajarannya segera
mendapat pengikut.
As-syafi’i mempunyai dua qaul(pendapat).pertama,ketika
beliau bermukim dibagh- dad,namanya Qaul Qadiem (Pendapat kuno).kedua,ketika
beliau tinggal dimesir ,namanya Qaul Jadid (pendapat baru).yakni ketika berada
dimesir bertepatan tahun 189 H,beliau mengajar dimasjid Amru Bin As.dan disana
beliau Tidak terhitung banyaknya ulama’ yang datang belajar padanya.Selama
hayatnya beliau telah menulis sejumlah 113 buah kitab tentang
tafsir,hadits,fiqhi,kesusastraan dan lain-lainnya.Antara lainkitab yang paling
terkenal ialah Kitab Al-Um.Amali
Kubra,Kitab Risalah,Usul Fiqhi. Dan lain-lain.Imam syafi’i meninggal dua
dihari terakhir bulan rajab pada tahun 204 H/20 Januari 820 m.di fustat,dan
dimakamkan dikaki gunung Muqattam.Salahuddin Al-Ayyubi (dibarat terkenal dengan
nama Saladin)membangun madrsah yang luas dan besar untuknya.kubah diatas makam
imam as-syafi’i dibagun Ayub Malik Al-Kamil pada 1211 M.
Dan murid-muridnya yang terkenal adalah : Muhammad
Bin Abdillah Bi Hakam, Abu Ibrahim Bin Ismail Bin Yahya Al-Muzani,Abu
Ya’kub,Yusuf Bin Yahya Al-Buwaithi,dan lain-lain.
Para pengikutnya terdapat di Indonseia ,Malaysia, Pelestina, Libanon,Mesir,Irak, Saudi Arbia,Yaman dan
Hadramaut.
Demkianlah uraian pada lampiran akhir ini,karena
rasanya tidak sempurna apabila belum megemukakan siapa sajakah para fuqoha’ dan muhaddits yang
besar dan berjsa,kalau tiada lain adalah para imam diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar