Rabu, 14 Februari 2018

BIOGRAFI SINGKAT 4 ULAMA HADITS, BEBERAPA KITAB DAN SANADNYA



BIOGRAFI SINGKAT ULAMA’ HADITS,
 BEBERAPA KITAB DAN SANADNYA



1. IMAM MALIK

       Imam Malik bin Anas.Pendiri madzhab Maliki.adalah Imam mujtahid (ahli ijtihad)besar dalam islam yang ahli dibidang fikih dan hadits.
         Nama lengkapnya ialah Abu Abdullah Malik Bin Anas Bin Malik Bin Abi Amir Bin Harits Bin Ghaiman Bin Kutail Bin Amr Bin Haris Al-Asbahi.Lahir di Madinah pada tahun 93H(713 M).Dia bukan asaja ahli hadits tetapi juga seorang ahli hukum yang pengajaran dibidang hukum yang bernama madzhab imam malik.ia memberikan pengajaran dibidang hukum dan agama dimasjid Rasulullah saw.Dari berbagai penjuru dunia islam orang-orang datang untuk belajar kepadanya.Ia sendiri tidak pernah meninggalkan Madinah,dan menghabiskan sisa hidupnya disana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan islam.Ia belajar hadits dari Abdurrahman Bin Hurmuz.Nafi’ Bin Zakwan Dan Yahya Bin Sayyid.ia mempelajari ilmu fikih dibawah bimbingan ahli-ahli hukum ternama dari Madinah,termasuk Rabi’ah Bin Farukh yang dikenal sebagai Rabia’h Ar-Ra’y karena peranannya dalam mengembangkan konsep Ra’y di Madinah.
            Imam malik meriwayatkan banyak hadits dari Al-Zuhri,Nafi’,Sahaya Ibnu Umar yang dibebaskan .Abu Al-Zinad,Hasyi Bin Urwah,Yahya Munqadir,dan lain-lain.al-Suyuthi telah memberikan daftar 95 guru tempat imam malik belajar hadits dan fikih.ia sendiri pernah berkata ,”Aku tidak akan memberikan pengajaran hadits dan fikih sebelum dinyatakan memenuhi syarat oleh 70 guru hadits dan fikih”.
            Imam alik mencurahkan hidupnya dimasjid Rasulullah saw.,tempat para sarjana dan ahli hadits berkumpul disekelilingnya mempelajari fikih dan hadits,dan mencari pemecahan-pemcahan hukum berbagai persoalan syariah.Ia selalu menekankan penting nya keputusan bersama dan setiap kali merasa ragu atas kebenaran keputusannya,ia berkata ,”aku tiak tahu”.
            Imam malik merupakan orang shaleh dengan sifat-sifatnya yang mandiri.ia mengeluarkan fatwa yang tidak memihak dan tida pernah tunduk kepada penguasa politik.ia mendukung Muhammad Zakiyah ’Alawiy dengan mengluarkan fatwa mela -wan khalifah al-Mansur,dan membuatnya dihukum cambuk 70 kali oleh Ja’far,saudara al-Manshur .ketika al-Manshur mendengar hal ini,ia meminta Imam Malik berkunjung ke Irak dan mohon maaf atas apa yang telah terjadi.ketika al-Manshur pergi melaksana kan ibadah hajji,ia mengunjungi imam malik dan memperlakukannya dengan penuh hormat.
            Karya beliau adalah kitab al-Muwathta’,walau termasuk kumpulan hadits tidak begitu banyak dan memusatkan diri pada kasus masyarakat Madinah namun dari buku itulah selama tiga tahun imam as-Syafi’i dapat menghafalnya dan banyak mengambil pelajaran.
Imam Malik menghabiskan 50 tahun hidupnya mempelajari fikih dan hadits dan wafat pada tahun 798 M.dalam usia 86 dan ada yang berpendapat 95tahun,beliau dimakamkan di Jannat al-Baqi’ para murid dan pengkutnya kemudian menyebarkan ajaran madzhabnya.namun  demikian,madzhab maliki tersebar luas dan dianut dibanyak bagian seluruh penjuru dunia.
Dan sanad kitab tersebut kami dapat  ijazah dari Syeikh Raghib Mabrur dan Asy-Syeik Al-’Alim Allamah KH.R. Maimun Zubair Sarang Rembang Jawa Tengah : tahun 2001 dan 2002 tepat ikut hattaman kitab bulan Ramadhan :

2. IMAM HAMBALI

            Imam Ahmad bin Hanbal adalah Abu Abdilah Ahmad Bin Mhammad Bin Hanbal Bin Hilal Al-Syaibani.beliau dilahirkan di Baghdad pada bulan Rabi’l awal tahun(164 – 241) dan bulan November tahun 780 – 855 M). Ahmad bin Hanbal dibesarkan dalam keadaan yatim oleh ibunya.karena ayahnya meninggal ketika beliau masih bayi.sejak kecil beliau telah menunjukkan sifat pribadi yang mulia,sehingga menarik simpati banyak orang.Dan sejak kecil itu pula beliau telah menunjukkan minat yang besar kepada  ilmu pengetauan.kebetulan pasa saat itu Baghdad merupakan kota pusat ilmu pengetahuan.Beliau memulai dengan belajar mengahafal al-Qur’an .Keumuduan belajar bahasa Arab,Hadits .Sejarah Nabi Saw dan sejarah sahabat serta para tabi’in.Madzhabnya bernama Hanbali.Beliau terkenal ahli hadits,fikih dan teologi,dia balajar kepada banyak guru dan melakuakan perjalanan secara ekstensif untuk mempelajari hadis dan fikih.diusia mudanya ia belajar fikih pada Imam Abu Yusuf,dan mempelajari hadits dibawah bimbingan Hisyam,Sufyan Bin Aynah,dan tokoh-tokoh lainnya.unuk mempelajari hadits lebih jauh ia pergi ke Mekkah,yaman,dan kota-kota lainnya,sekembali dari berbagai  perjalanan ia belajar kepada Imam As-Syafi’i.dilahirkan di bagdad.Waktu As-Syafi’i meninggalkan Bagdad,dia berkata : Saya tidak meninggalkan di bagdad orang yang lebih uutama,alim dan lebih cerdas selain dari ahmad bin hanbal”.Pertama kali beliau belajar pada imam As-Syafi’i,dan setelah cukup ilmu dan peralatnnya lalu berijtihat,merintis suatu madzhab tersendiri.
            Pemahaman agamanya bersifat tradisiaonal namun dibawah kekuasaan khalifah Makmun,al-Mu,tasim dan al-Wasit,ia ditekan untuk mengikuti doktrin Mu’tazilah.yaitu dalam hal perbedaan pendapat tentang Qadim atau barunya al-Qur’an.Menurut al-Makmun,sebagiamana pendapat Mu’tazilah yang menjadi madzhab kerajaan waktu itu.Bahwa al-Qur’an itu makhluq ,sebab itu ia adalah baharu(huduts).pendapat mana dipaksakan oleh al-Makmun,tetapi Imam Ahmad secara tegas dan konsekwen menolakya.ia menolak doktrin itu.akbatnya,bersama beberapa teolog lainnya ia menjadi sasaran penyiksaan.Pada saat sedang menjalani hukuman di Tarsus,datang kabar bahwa khalifah telah meningal.Namun dibawah khalifah penganti ia tetap menjalani hukuman penjara.
            Kemudian khalifah al-Mutawakkil kembali kapada keyakinan ortodoks,dan Imam Ibnu Hanbal dikeluarkan dari penjara.ia diundang ke istana dan dana pensiun diberikan kapada keluarganya tanpa sepengetahuanya.kemasyhurannya mengajar, kesalehan dan keadilannya menyebabkan ia punya banyak murid.Sebenarnya ia lebih terkemuka sebagai ahli hadits dari pada hukum islam.
Madzhab hanbali lebih tegas melarang bid’ah dari pada madzhab lainnya.Di Syiriya ,Taqiy al-din Ibnu Taimiyah (1263 – 1328 M)membela ajaran imam hanbali yang secara total melarang ziarah kemakam dan ”orang-orang suci”.dia menentang praktek bid’ah yang telah membelenggu umat untuk jangka waktu yang lama.karena tindakannya ini menyinggung elit penguasa.ia disiksa.
Pada abad ke -18 M,Madzhab hanbali muncul kembali dalam bentuk yang lebih dinamis ditangan gerakan pembaharu Muhammad bin Abdul Wahhab di Saudi Arabia,yang mencerminkan hasil kerja Ibnu Taimiyah,setelah berkuasa,keluarga saud dari Najad,pengikut madzhab imam hanbali.menjadikan madzhab ini sebagai resmi negara Saudi Arabia.Imam Hanbali adalah seorang ahli hadits besar.menurt banyak Teolog dan ahli hadits lain,tidak bayak ahli yang dapat menandingi reputasinya.dia mencurahakan hidupnya mempelajari ilmu hukum dan agama dan melakukan perjalanan untuk mempelajari hadits dan fkih.ia cendrung menggunakan hadits sebagai sumber hukum dari pada Ra’y(qiyas),sumber hukum yang banyak mengandung kelemahan.ia adalah seorang pencinta hadits.qiyas hanya digunakannya untuk sesekali untuk keperluan-keperluan ringan.imam ibnu hanbal adalah imam terakhir madzhab ini.
Imam ahmad banyak menulis buku yang berharga. nampaknya diantara sekian banyak ilmu pengetahuannya,beliau lebih terkemuka sebagai spesialis dalam hadits.beliau telah menyusun sebuah musnad,yang dikenal dengan nama Musnad Ahmad dan didalamnya terkumpul hadits-haits yang tidak dikemukakan oleh ulama lainya. buku tersebut berisi 40.000 buah hadits.Para pengikut imam ahmad pada umumnya terdapat di Saudi Arabia,Libanon dan Syiria.
Imam Ahmad Ibnu Hanbal meninggal dibaghdad pada 13 juli 855 H.konon delapan ratus ribu laki-laki dan enam puluh ribu perempuan menghadiri upacara pemakamannya.ia dimakamkan di Harbiyah,dekat baghdad.

3. IMAM BUKHORI


Ia adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizad al-Ju’fi tempat kelahiran di al-Bukhari.lahir pada hari jum’at 13 Syawal 194 H.disebuah Desa di Bukhara(Tasykit)Asia Tengah,wafat pada malam selasa tahun 256 H.
Beliau seorang ahli hadits yang menghabiskan umurnya khusus untuk mengumpulkan hadits-hadits Nabi yang ketika itu masih bercerai berai terletak didalam dada para ulama’ pemangku hadits.Beliau mendatangi kekota –kota desa-desa dan daerah islam ketika itu .ditanya,diambil,dikumpulkan hadits –hadits Nabi,diteliti matanya (lafadznya).Kemudian dituliskan kedalam kitabnya yang bernama ”Kitab Shahih Bukhari”.Selain dalam kitab tersebut terdapat pula dalam kitab ”Adabul Mufrad” kitab Tarikh Al-Kabir,dan lain-lain.
Beliau telah mengumpulkan sebanyak 600.000 hadits,kemudian disaring dari pelbagai segi,maka yang dituliskan dalam kitab ”Shahih Bukhori : sebanyak 7275 dan sudah dikurangi yang berulang-ulang,adalah sebanyak 2513 hadits.Sepanjang riwayat,Bukhari pada setiap saat akan menulis hadits dalam kitab Shahih Bukhari,beliau berwudlu’ dulu dengan air zam-zam dan sembahyang sunnat dua rakaat dimakam Ibrahim as.sekaligus  ditulis d Mekkah dekat Ka’bah al-Musyarafah.beliau tidak hanya menulisnya saja tetapi dibacakan langsung kepada murid-muridnya yang banyak sekali.
Sepanjang riwayat sampai 90.000 orang  banyaknya yang mendengar dari mulut beliau.Selain beliau ahli hadits nomer satu ,namun dalam furu’ syariah  beliau mengikuti madzhab Syafi’i.Rhl.
 
4. IMAM MUSLIM


Nisabur,Iran 202 H/817 M.Nisabur Iran 261 H/875 M).ia seorang ahli dan pengumpul hadits terkenal dari Naisabur,Iran .nama lengkapnya ialah Abu Al-Husain Muslim Bin Al-Hajjajal-Qusyairi An-Naisaburi.
Sejak umur 15 tahun beliau sudah lazim mempelajari hadits yang berkembang dinegaranya pada waktu itu.Pengembaraannya mencari hadits merupakan unsur yang sangat dipentingkan ,hampir seluruh pusat pengajaran hadits ia kunjungi.pertama –tama di Negerinya sendiri lalu pergi memperdalam menambah wawasan tentang hadits di Khurasan,disana ia belajar hadits dari beberapa ahli hadits seperti : Yahya Bin Yahya Al-Andalusi (W.234 H/ 849 M) dan Ishaq Bin Rahawaih (w.161 H – 238 H) lalu kekota Rayy (teheran sekerang) berguru pada Muhammad Bin Mahram,Abu Hasan,serta ahli hadits lainya,ia juga belajar hadits dari Imam Ahmad Bin Hanbal,Abdulah Bin Maslahah,dan lain-lain.ketika mengunjungi Irak :dihijaz atau Hidjaz berguru pada Sa’ad Bin Mansur,Abu Mas’ad dan di Mesir belajar hadits dari Amir Bin Sawad,Harmalah Bin Yahya Abdullah At-Tujaibi dan lain-lain.dan belajar kepada Imam Bukhori ,ketika ia berkunjung ke Naisabur.
Kesunggunghannya dalam menuntut ilmu hadits keberbagai daerah dan dari beberapa guru hadits,Imam Muslim membuat beliau tekenal sebaga ulama’ yang dalam ilmu pengetahuannya dibidang hadis.ia menjadi guru besar dibidang hadits pada masanya dan ratusan murid  belajar hadits darinya.tercatat diantara muridnya adalah Imam At-Tirmidzi,Abdurrahman Bin Abi Hatim Ar-Razi (240 H/ 854 M – 326 H/938 H),dan Ibnu Huzaimah (w.311 H/924 H).dengan kedalamam ilmunya  itu ia mendapat pujian tidak hanya dari ulama’-ulama’ semasanya tetapi juga dari ulama’ yang hidup sesudahnya.
Imam muslim juga dikenal sebagai seorang yang warak, zuhud,tawadlu’ dan ikhlas,tekun belajar dan jenius,semuanya ini membuat dia menjadi pakar hadits peringkat kedua setelah imam Bukhori.ia mampu menghafal ribuan hadits dan mewariskannya kepada generasi sesudahnya melalui karya-karyanya dibidang hadits.karya yang menumental adalah kitab Hadits Shahih Muslim.kitab ini disusunya setelah mempelajari kitab sahih bukhori.
Menurut Muhammad Ajjaj Al-Khatib,guru besar hadits Universitas Damascus ,hadits yang tercantum dalam kitab shahih muslim sebanyak 3.030 hadits tanpa pengulangan. menurut Amin Al-Khalali ,seorang ulama’ hadits dari Mesir ,hadits yang terdapat dalam kitab tersebut sebanyak 4.000 hadits tanpa pengulangan.sedang dengan pengulangan berjumlah 7.275 hadits
Imam muslim menghasilkan beberapa karya lain disamping kitab sohih muslim,yaitu sebanyak 15 kitab yang sudah diterbitkan atau belum yang masih berbentuk manuskrip adalah :Al-Asma’ Wa Al-Luma’,Irfad Asy-Syamiyyah,Al-Arqan,Al-Intifa’ Bi Julud As-Saba’,Aulad As-Saba’,Auham Al-Mauhaddisun At-Tarikh,At-Tamyiz,Al-Jami’,Hadits Amr Bin Synib,Rijal Al-Urwah,Tabaqot,Al-’Izal,Al-Musnad Al-Kabir,Masyayikh As-Suri,Masyayikh Malik,Al-Wihdan,Shahih Almusnad.
Dan sanad kitab tersebut penulis mendapat  ijazahan atau mendapat sanad dari Syeikh Raghib Mabrur Sarang Rembang Jawa Tengah : tahun 2001 tepat ikut hattaman bulan Ramadhan :

5. IMAM ABU DAWUD

Ia lahir tahun 202 Hijriyah atau 817 Miladiyah, wafat di Bashrah bulan Syawal tahun 275 atau 889 M.Nama lengkap beliau ialah Abu Dawud Sulaiman Bin Al-Asy’ats Bin Ishaq Bin Basyir Bin Syaddad Bin Amr Bin Imran Al-Azdi As-Sijistani.lahir dikota Azd daerah Sijistan.
Beliau adalah seorang imam yang warok(tidak mementingkan kesenangan duniawi) ,zahid (meninggalkan keduniaan untuk kepentingan beribadah kepada allah),seorang yang banyak bakti,jasa dan pengabdiannya kepada masyarakatnya,dan hafidz(hafal seluruh al-Qur’an) dan ribuan hadits Nabi saw.Terkemuka diantara banyak-banyak ahli hadits dan para imam yang cekatan dan berpengalaman luas dalam menentukan hadits yang shahih dan menetapkan yang palsu.
Imam Abu Dawud selalu berkeliling banyak Negeri,menghimpun,menyusun dan mendengarkan hadits –hadits di Khurasan,irak,al-jazirah(barat laut mesopotamia) ke Syam(Palestina),Hijaz(Arabia)dan Mesir.ia tekun belajar hampir kepada semua ahli hadits,para hafidz hampir semua negara islam yang terkenal disaat itu,tidak kurang dari 49 Guru.
Beliau tekun mengajarkan pada murid-muridnya,sehingga mereka semua menjadi ahli hadits dan fuqaha’,diantaranya Imam Ahmad Bin Hanbali asy-Sya’ani,Muhammad Bin Isa Bin Sarah Bin Musa Bin Dhahak As-Salami At-Tirmidziy,yaitu meyusun Sunan Tirmidzi yang meninggal tahun 279 H.
Dan dari pada sanad kitab Sunan Abu Dawud yang kami peroleh atau terima dari guru kami yaitu ”Syeikh Murobbi Ruhina Muhammad Najih Maimun Bin Maimun Zubair bin Dahlan ,Sarang Rembang Jawa Tengah :
  

6. IMAM AN-NASA’IY


(Nasa’iy,Khurasan,Iran,215 H/830 H.Damascus,Suriah,303 H/915),seorang ahli hadits dan ahli fikih madzhab Syafi’i penyusun kitab kumpulan hadits Sunan An-Nasa’i(As-Sunan Sughra yang disebut juga Al-Mujtaba’)salah satu dari kitab enam kitab kumpulan hadits,Al-Kutub As-Sittah).
Nama lengkapnya Ahmad Bin Syaib Bin Ali Bin Bahr Bin Sinan,nama panggilan nya adalah Abu Abdurrahman An-Nasa’i. An-Nasa’i adalah nama populernya yang dikaitkan dengan tempat kelahirannya.menurut imam adz-Zahabi (673 H/ 1274 M – 784 H/1349 M),seorang ahli hadits  dan ahli sejarah,an-Nasa’iy meninggal di Ramalah,wilayah Palestina.
Imam an-Nasa’i memulai pengembaraannya untuk mempelajari hadits ketika ia berusia 15 tahun,ia belajar hadits antra lain : Khurasan,Irak,Arab Saudi,Syuriah,Mesir Al-Jazair,dalam hal  pengetahuan hadits banyak ulama’(setelah periode imam an-Nasa’i )menilainya lebih tinggi dari pada mam Muslim.Imam An-Nasa’i sangat selektif dalam menyaring hadits dan tidak mengambil hadits pada isnadnya(jalur periwayatannya terdapat Ibnu Lahai’ah (96- 174 H)seorang perawi yang menurut penilaiannya lemah karena bergantung pada salinan orang lain dalam meriwayatkan hadits.
Imam an-Nassa’i sangat akurat dalam pembukuan hadits.salah seorang diantara gurunya : Al-Harits Bin Miskin(154-250 H).Imam an-Nasa’i sering berpartisipasi dalam menghadiri kelompok studi(Halaqoh) hadits yang digelar al-Harits.disini ia dapat belajar tanpa mengalami perselisihan faham.ketika membukukan hadits –hadits yang diriwayatkan dari al-Harits ,Imam an-Nasa’i terbiasa menuliskan:”saya mendengar hadits ini pada saat dibaca oleh al-Harits bin Miskin:.
Imam an-Nas’i mencoba membukukan isnad-isnad yang berbeda-beda,kemudian menyusun isnad-isnad tersebut yang masih memiliki kesalahan perawi,lalu menerangkan isnad yang benar.dan dalam hal ini ia juga meriwayatkan hadits-hadits dloif.walaupn demkian,ia tetap memgemukakan cacat,yang ada pada isnad tersebut.
Sunan an-nas’i pada mulanya tidak begitu menarik perhatian ulama’.namun kemudian iamam as-Suyuthi ulama fikih madzhab Syafi’i,menulis sebuah komentar pendek tentang kitab tersebut denan judul Zahar Ar-Ruba’ ’Ala Al-Mujtaba’ sebagai seorang ilmuan ,Imam an-Nas;i menulis banyak karya : Ad-Duafa Wa Al- Matrukin,Al-Iqrab,Al-Jarh Wa At-Ta’dil ,Al-Kna,Ar-Ruba’iyyat Min  Kutub As-Sunan Al-Ma’surah,Sunan Al-Kubra,As-Sunan As-Sughra,At-Tamyiz,At-Tabaqat,Hadits Qutaibah Bin Said An Abi Iwanah, Amlatuh Al-Hadisiyyah,Juz Min Hadits An Nabi Saw,Khasha’is Ali,Man Haddasa Anhu ibnu Abi Urwiyah Wa Lam Yasma’ ’Anhu,Manasik haji,Ma’rifah Al-Khwah Wa Al-Akhwat Min Ulama’ Wa Ar-Ruwah,Musnad ’Ali Ibnu Abi Thalib,Usnad Mansur Bin Zazan Al-Wasiti.Musnad Hadits Al-Fadil Bin Iyad Wa Dawud At-Ta’iwa Mfaddal Bin Muhalhal Ad-Daby,Musannad Hadits Sufyan As-Tsauri,Musnad Hadits Syu’bah Bin Hajjaj,Musnad Hadits Yahya Bin Said Alqattan.




7.  IMAM ABU HANIFAH


            Beliau adalah Abu Hanifah Nu’man Ibnu Tsabit Bin Zufi At-Tamimi,lahir (80-150 H. = 699-767 H.)dan mukimnya dikufah.Hanya selang 70 tahun setelah wafatnya Nabi saw .Dengan demkian langsung atau tidak ia pernah berkumpul dengan para sahabat atau Tabi’un.selama lebih kurang seratus tahun kekuatan para sahabat dan tabiun ini telah memperkuat ikatan umat islam.beliau masih mempuyai pertalian hubungan kekeluargaan dengan Imam Ali Bin Abi Thalib ra.Dalam zamannya,beliau terkenal sebagai seora ng sarjana dan mahaguru yang luas ilmu pengetahuannya terutama dibidang hukum. Beliau adalah orang yang paling cemerlang dan terpelajar.Dia cendrung menggunakan pendekatan rasional dalam memecahkan persoalan-persoalan syari’ah.ia adalah peretas jalan qiyas sebagai salah satu elemen penting pembentukan hukum islam,dan ijma’ umat sebagai sumber hukum islam.
            Ketika ia bersih kukuh menegakkan qiyas beberapa kekuatan fundametalis men-
entangnya habis-habisan.Namun kelompok pemikir rasional” akhirnya dinyatakan pelo
por syari’ah.kaum muslim diseluruh dunia  merujuknya sebagai salah satu madzhab hukum islam.
            Murid-muridnya cukup banyak diantaranya ialah Abdullah Bin Mubarok ,Waki’ Bin Jarah Ibnu Hasan Al- Syaibani,dan tiga muridnya yang menonjol yaitu Muhammad,Abu Yusuf,Dan Ja’far,bersama 37 orang cendekiawan terkemuka lainnya membentuk komite ahli hukum yag dipercaya menyusun ensiklopedia hukum islam yang sekarang telah musnah,kemungkinan besar dibakar para pengikut Hulugu Khan dari Mongolia,sewaktu menghancurkan baghdad ditahun 1258 M.Danseorang sejarahwan Eropa menulis tentang bencana dahsyat ini.
            Baghdad berturut dirampok,dihancurkan dan dibakar.delapan ratus ribu muslim dibantai.khalifah Mu’tashim billah di injak-injak kuda mereka hingga tewas. Selama 500 tahun baghdad telah menjadi kota istana,masjid-masjid,perpustakaan,dan perguruan tinggi.Universitas dan rumah sakit paling modern diseluruh dunia dibang un.tak ada yang tersisa sekarang kecuali reruntuhan dan bau busuk daging manu sia.”(Sir John Bagot Glubb).
Beliau hidup dalam dua Dinasti,Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah.Tapi sama sekali tidak turut aktif dalam gerakan politik.Gubernur irak,Yazid binu Hubairah, zaman khalifah Marwan Ibnu Muhammad dari Dinasti Umayyah,akan mengangkat Abu Hani fah menjadi hakim,tetapi beliau tolak dengan tegas,sebab itu beliau disiksa .kemudian Imam Abu Hanifah meyaksikan periode runtuhnya Dinasti Umayyah dan pembunuhan terhadap khalifah kedua Abbasiyah,Abu Ja’far Al-Mansur.Hal yang sama pula ketika kerajaaan Abbasiyah telah berdiri,khalifah al-mansur memanggil beliau ke baghdad dan kemudian akan mengangkat menjadi hakim kerajaan,beliau pun monolak .karena itu pula beliau dihukum dan disiksa.dan ditangannyalah Imam Abu Hanifah dibunuh dengan kejam dan mengenaskan.
            Abu Hanifah telah mengabdikan hidupnya dalam studi hukum islam dan mem -
berikan kuliah-kuliah kepada para mahasiswanya.Beliau meninggalkan sebuah buku yang dinamai fiqih al-akbar.Karya beliau dapat dihargai dengan sesungguhnya karena beliaulah orang pertama yang mencoba mengkodifisir hukum islam dengan memakai qiyas sebagai dasarnya.Dalam menetapkan hukum-hukum,Abu Hanifah menggunakan dasar-dasar : al-qur’an,sunah,pendapat-pendapat para sahabat,qiyas,istihsan dan tradisi masyarakat.
            Imam Abu Hanifah konon telah menulis ratusan buku dan risalah tentang berba
gai tema pemikiran islam.sebagian diantaranya masih tersedia dibeberapa perpustakaan didunia muslim.dan bayak ulama yang telah meneliti kitabnya ternyata sangat banyak diantaranya : Kitab Ash-Shalah,Al-Manasik,Al-Rahan,Al-Syurut,Al-Fara’id,Al-’Alim Wal Muta’allim,Al-Asrar,Al-Risalah, Al-Irja’,Al-Wasiyah,Al-Rad ’Alal Awzah, Al-Ra’y,Ikhtilaf Al-Sahabh,Ikhtilaf Ab Hanifah Wa Abu Laila,Al-Jami’,Al-Siyar,Al-Ausat,Fiqih Al-Akbar,Fiqih Al-Absat,Al-Rad ’Alal-Qadiriyah,Risalah untuk utsman al-batti dan ratusan surat.
            Imam Abu Hanfah wafat pada tahun 150 H / 767 M.pada usia 70 tahun.beliau dimakamkan dipekuburan Khizra.pada tahun 450 H/1066 M,didirikanlah sebuah sekolah yang diberi nama Jami’ Abu Hanifah.
            Beliau telah dianggap sebagai pembangun suatu madzhab dimana mempunyai pengikut-pengikut yang terbesar didunia,utamanya :di Turki,Pakistan,Afganistan, Transyordania,Indo Cina ,Cina Dan Soviet Rusia.






























8.  IMAM SYAFI’I


            Baliau nama lengkapnya ,Muhammad Ibnu Idris As-Syafi’i.Dilahirkan (150-204 H,= 757-820 M.)di Gaza (palestina).dia termasuk suku Quraisy.Ibunya bernama Ummul-Hasan Binti Hazmah Bin Qasm Bin Yazid Bin Imam Hasan.Ayahnya mening- gal ketika umurnya baru dua tahun.dan kelahirannya ketepatan dengan wafatnya Imam Abu Hanifah. meninggal di Kairo Kuno.Dan beliau masih punya hubungan silslah kefamilian deng an Nabi  saw,dari keturunan Muttalib ibnu Abdil Manaf,dilahirkan sebagai seorang yatim.Sejak kecil beliau tumbuh dan menuntut ilmu di Mekkah ,bersama dengan ibunya dia hidup dalam keluarga yang miskin.sejak usia yang masih sangat muda,dia telah menghafal al-qur’an lengkap 30 juz,terkenal sebagai seorang yang jenius ,memiliki kecerdasan yang luar biasa.Pernah pula beliau belajar tentang hadits pada imam malik di madinah dan dalam waktu yang singkat kitab Imam Malik yang bernama Al-Muw- aththa’ itu terhafal semua.dan banyak belajar hadits ari ulama’ hadits yang banyak terda pat di Makkah.
Terhadap semua pengetahuan yang berhubungan dengan al-Qur’an ,sunnah,ucapan-ucapan para sahabat,sejarah serta pendapat-pendapat yang berlawanan dari pada para an ahli sebagainya,diaduknya dengan sempurna dengan pengetahuannya yang mendalam tentang bahasa arab yang dari gurun pasir itu,baik dalam ilmu bahasanya, Nahwunya,sarrafnya,dan syairnya.Imam Ahmad Ibnu Hambal,dengan  segenap kejujuran berkata : As-Syafi’i bagi umat ini,ibarat matahari bagi bumi dan laksana kesehatan bagi tubuh ;siapa yang akan mendapat menggantikannya ?’forum-forum diskusi,beliau termasuk seorang yang ulet dengan argumentasi-argumentasi yang sukar dipatahkan.
As-syafi’i termasuk orang yang jujur hidupnya dalam bidang ilmiah.beliau muncul setelah tersusunnya kodifikasi syari’ah menurut sistem-sistem yang teratur dalam bentuk yang rapi.Dengan demkian beliau mudah mempelajari buah-buah fikiran dari orang-orang yang terdahulu dan belajar langsung dari mahaguru-mahaguru terke muka.Sebab itu beliau akhirnya dapat mencapai suatu prestasi yang tinggi dalam bidang ilmiah,beliau telah mampu merumuskan suatu metode yang mempersatukan al-Qur’an,sunnah,ijma’ dan qiyas.berbeda dengan Abu Hanifah sebagai seorang ahli metode berfikiran lebih menyetujui hal itu.Namun demikian beliau seorang yang luas pandangan,ilmu dan pengalaman.Beliau juga menguasai fiqhi sarjana-sarjana dan ulama-ulama’ Hijaz dan fiqhi sarjana –sarjan Irak.Sebab itu ketika as-Syafi’i muncul di Baghdad,maka ajarannya segera mendapat pengikut.
As-syafi’i mempunyai dua qaul(pendapat).pertama,ketika beliau bermukim dibagh- dad,namanya Qaul Qadiem (Pendapat kuno).kedua,ketika beliau tinggal dimesir ,namanya Qaul Jadid (pendapat baru).yakni ketika berada dimesir bertepatan tahun 189 H,beliau mengajar dimasjid Amru Bin As.dan disana beliau Tidak terhitung banyaknya ulama’ yang datang belajar padanya.Selama hayatnya beliau telah menulis sejumlah 113 buah kitab tentang tafsir,hadits,fiqhi,kesusastraan dan lain-lainnya.Antara lainkitab yang paling terkenal ialah Kitab Al-Um.Amali Kubra,Kitab Risalah,Usul Fiqhi. Dan lain-lain.Imam syafi’i meninggal dua dihari terakhir bulan rajab pada tahun 204 H/20 Januari 820 m.di fustat,dan dimakamkan dikaki gunung Muqattam.Salahuddin Al-Ayyubi (dibarat terkenal dengan nama Saladin)membangun madrsah yang luas dan besar untuknya.kubah diatas makam imam as-syafi’i dibagun Ayub Malik Al-Kamil pada 1211 M.
Dan murid-muridnya yang terkenal adalah : Muhammad Bin Abdillah Bi Hakam, Abu Ibrahim Bin Ismail Bin Yahya Al-Muzani,Abu Ya’kub,Yusuf Bin Yahya Al-Buwaithi,dan lain-lain.
Para pengikutnya terdapat di Indonseia ,Malaysia, Pelestina,  Libanon,Mesir,Irak, Saudi Arbia,Yaman dan Hadramaut.
Demkianlah uraian pada lampiran akhir ini,karena rasanya tidak sempurna apabila belum megemukakan  siapa sajakah para fuqoha’ dan muhaddits yang besar dan berjsa,kalau tiada lain adalah para imam diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar