Rabu, 01 Februari 2017

RIWAYAT PENEMUAN MAKAM SAYYID YUSUF TALANGO (BAGIAN 2)



BAGIAN KEDUA

SILSILAH SAYYID YUSUF DAN HAUL

A.  Silsilah Sayyid Yusuf
   Sayyid Yusuf masih mempunyai nasab mulia keatasnya yaitu sampai ke Rasulullah SAW. Sebagaimana berikut dibawah ini :
1.   Nabi Muhammad SAW
2.   Sayyidah Fatimatuz Zahra’ + Sayyidina Ali Krm wjh.
3.   Sayyidina Hasan As-Sibthi -berputra,
4.   Sayyidina Hasan Al-Mutsanna -berputra,
5.   Imam Abdullah Al-Kamil -berputra,
6.   Musa Al-Jun -berputra,
7.   Abdul Karim – berputra,
8.   Musa – berputra,
9.   Imam Muhammad At-Taa’ir –berputra,
10.   Abdullah – berputra,
11.   Ali – berputra,
12.   Sulaiman – berputra,
13.   Al-Hasan – berputra,
14.   ’Isa – berputra,
15.   Abdul Karim – berputra,
16.   Mutho’az – berputra,
17.   Idris  – berputra,
18.   Qotadah  – berputra,
19.   Muhammad – berputra,
20.   Athifah – berputra,
21.   Muhammad Abi Dzabih – berputra,
22.   Abi Nami – berputra,
23.   Al-Hasan  – berputra,
24.   Ali   – berputra,
25.   Zubair – berputra,
26.   Ahmad Angkowi (laqob) – berputra,
27.   Muhammad  – berputra,
28.   Abdul Aziz– berputra,
29.   Jaarullaah – berputra,
30.   Abdullah – berputra,
31.   Ali – berputra,
32.   Maulana Al-Habib Yusuf (Sayyid Yusuf)
     Jika silsilah diatas di runut mulai dari Sayyidina Al-Hasan As-Sibthi, maka sayyid Yusuf keturunan yang ke 30. Dan  silsilah ini di tulis oleh Al-Habib salim bin Jindan, pada tahun 2004 M. Berupa dua lembaran sisilah dan cerita singkat ini kami dapatkan dari juru kunci pada 10 Desember 2015 M/28 Shafar 1436 H.

B.  Peziarah  
    Makam Sayyid Yusuf di pulau Poteran tersebut, selama 24 jam setiap harinya tak pernah sepi oleh para peziarah, mereka datang dari berbagai belahan daerah. Rela meluangkan waktunya untuk menziarahi makam Al-Habib Sayyid Yusuf yang menjadi Wali Allah tersebut.
    Sebagian mereka, datang berombongan, membaca Surat Yasin -Tahlil bersama yang pahalanya dihadiahkan kepadanya lalu pulang. Ada pula datang secara pribadi-menginap beberapa hari.Peziarah pun tidak hanya dari Jawa Timur saja bahkan ada dari Jawa Tengah, dan tak ketinggalan pula dari luar Jawa. Mereka datang berziarah bermaksud mencari ke-berkahannya dan bertaqarrub ilallah.
    Ziaroh ke makam para Auliya’,khususnya ke Sayyid Yusuf juga meru-pakan sebagai kecintaan umumnya rombongan ziarah adalah tawassul dan bertabarruk kepada mereka.Karena ziarah kepada makam Auliya ibaratkan nyabis (Sowan) ketika mereka masih hidup, tetapi karena Sayyid Yusuf sudah wafat maka kita hanya berziarah. Danziarah meru-pakan sunnah Rasul. Sebagaimana hadits Nabi SAW :
عَنْ بُرَيْدَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِى زِيَارَةِ قَبْرِ أمِّهِ فزُوْرُهَا فإنها تُذَاكِرُ الأخرةَ. 
    Dari buraidah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda :” Saya pernah melarangkalian  berziarah kubur. Tapi sekarang, Muhammad telah diberi idzin ke makam ibunya. Maka sekarang, berziarahlah ! karena perbuatan itu dapat mengingakan kamu pada akhirat. (Sunan tirmidzi, 974)

    Ibnu Hajar Al-Haitami pernah ditanya tentang ziarah ke makam para A’liya’, sebagaimana berikut :
وَسُئِلَ رَضِىَ اللهِ عَنْهُ عَنْ زِيَارَةِ قُبُوْرِ الْأَوْلِيَاءِ فِى زَمَنٍ مُعَيَّنٍ مَعَ الرِّحْلَةِ إِلَيْهَا ....فَأَجَابَ بِقَوْلِهِ زِيَارَةُ قُبُوْرِ الْأَوْلِيَاءِ قُرْبَةٌ مُسْتَحَبَّةٌ وَكَذَا الرِّحْلَةُ إِلَيْهَا.
Wasuila radiyallaahu anhu an ziaratil qubuuril au;liyai fi zamanin mu’ayyanin ma’ararhlati ilaiha….fajaaba biqaulihi ziaratu qubuuril auliya qurbatun mustajaabatun wakadzarrihlatu ilaiha.
    “Beliau ditanya tentang berziarah ke makam para wali pada waktu ter-tentu dengan melakukan perjalanankhusus ke makam mereka. Beliau menjawab, berziarah ke makam para wali adalah ibadah yang disunnah-kan. Demikian juga perjalanan ke makam mereka.” [1]

    Mengalirnya peziarah yang tiap waktu, hari, minggu, bulan itu adalah merupakan bentuk suatu kekaromahannya yang diberikan kepadanya. Ziaroh juga merupakan sarana untuk mengingat kematian disamping mendo’akan karena hal itu dianjurkan dalam agam.dan dilarang memo-hon sesuatu kepada orang yang sudah meninggal.
    Umur dan kewafatannya seseorang adalah Allah yang menentukan, sebagaimana dengan Sayyid Yusuf, walau makam beliau ada di hutan namun akhirnya bisa menjadi ramai, itupun Allah pula yang menjaganya. Pedagangpun dapat mengais rizki berkat sang waliyullah.

C.  HAUL Sayyid Yusuf
    Menurut golongan yang mempunyai tradisi untuk mengadakan haul  adalah Selamatan untuk mengingat atau peringatan hari kewafatan yang diadakan pada setiap tahunnya. Bahwa haul adalah tradisi kuat yang berkembang sangat kuat dikalangan Nahdliyyin.
    Kata “Haul” (peringatan satu tahunan setelah kematian ) diambil dari sebuah ungkapan yang berasal dari hadits Nabi SAW. dari Al-Waqidi :
“ Nabi SAW, setiap haul (setahun sekali) berziarah kemakam Syuhada’ perang Uhud. Ketika Nabi SAW.sampai disuatu tempat bernama Sya’ab, beliau mengeraskan suaranya dan berseru :” keselamatan bagimu atas kesabaranmu, alangkah baiknya tempatmu dialam akhirat.”Abu Bakar ra.juga melakukan seperti itu, demikian juga Umar bin Khatthab ra.dan Utsman bin Affanra. (HR. Al-Baihaqi).
      Al-Habib Yusuf di Talango - Sumenep -  Madura ini diadakannya setiap tahunnya adalah tepat bulan Sya’ban minggu pertama.
      

TAMBAHAN

                     DIBACA KETIKA SAMPAI DI MAKAM
السّلام عليك  يا و لي الله .السّلا م  عليك يا.....السّلام عليك ورحمة الله وبر كاته. جئناك زائرين  و على مقامك واقفين. لااردناك اودعنا عندك شهادة ان لا اله الّا الله واشهد انّ محمّد رّسول الله . اللهمّ انّي اتوسّل بك الى ربّك لقضئ حاجتي.......

DI BACA BERSAMA KETIKA SELESAI BERDO’A
السّلام عليكم ياحضرةالمرحوم العارف بالله......السّلام عليكم يااهل الدّيار من المسلمين والمؤمنين.
السّلام عليكم يااهل القبور. انتم لنا سلف ونحن لكم تبع وانّا ان شاء الله بكم لاحقون. اسئل الله لناولكم الصحة والمعافة الدّائمة فى الدّين والدّنيا والاخرة .
الّلهم ربّ الارواح الفانية. الّلهم ربّ الاجسام الباليه. الّلهم ربّ العظام النّخرة الّتى خرجت من الدّنيا وهي مؤمنة بك الّلهم ادخل عليهم روحا منك وسلاما منّالااله لاالله وحده لاشريك له. وله الحمد يحي ويميت وهوحيّ ولا يميت بيده الخير وهو على كلّ شئ قدير.
Di baca bersama ketika ada di makam

                سلام  الله  والرحمة     عليكم ياولي الله
اتينا كم وزرناكم      وقفنا ياولي الله
سعدنا اذ لقينا كم           قصدنا ياولي الله
توسلنا كم لله        اجيبو ياولي الله
رجونا من مزايا كم        لتدعوا ياولي الله
الى الرحمن ما يرام        لدينا ياولي الله
طلبنا  وسعة  الرزق       حلالا ياولي الله
وحج البيت في الحرام        مرارا ياولي الله
وحسنا فى اختتامنا       كراما ياولي الله
عسى نرضى عسى نحضى      بقرب ياولي الله
وصلى   وسلم على        محمد ياولي الله
وحمدا  للمهيمن       وشكرا ياولي الله


[1]  Lihat dalam “Al-Fatawi Al-Kubra Al-Fiqhiyyah, juz II, hal 24.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar